5 Manfaat Memberikan Mainan Edukasi untuk Anak Usia 4, 5, dan 6 Tahun

  • Whatsapp
5-Manfaat-Memberikan-Mainan-Edukasi-untuk-Anak-Usia-4-5-dan-6-Tahun
Foto dari Canva Pro

Toys store merupakan tempat yang menyediakan berbagai permainan untuk anak untuk membantu memeriahkan masa kanak-kanak si kecil. Pada dasarnya usia anak hingga 6 tahun merupakan masa bermain. Seharusnya, pada usia ini anak tidak diberikan beban untuk belajar, tapi diedukasi melalui berbagai permainan menarik.

Ada banyak sekali jenis permainan yang dibuat agar anak bisa menikmati masa bermainnya. Beberapa merupakan permainan edukasi yang membuat anak tak hanya bersenang-senang, tapi juga mempelajari sesuatu.

Manfaat Mainan Edukasi untuk Anak

Permainan edukasi seperti block, puzzle, alat musik, peralatan masak, atau peralatan kedokteran, merupakan permainan yang bukan hanya menyenangkan, tapi juga mendidik. Mengapa Anda perlu membelikan mainan seperti ini untuk anak? Sebab memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi merupakan hal penting bagi seorang anak, dan hal ini bisa dilatih menggunakan permainan edukasi. Misalnya permainan board games yang aktif akan menstimulasi kemampuan komunikasinya. Selain itu, juga membantu menambah pengetahuan mengenai kata, mengatur strategi, juga berpikiran logis.

Anda bisa membuat atau membeli permainan papan kata dan mengajak anak bermain bersama. Dengan demikian, bukan hanya meningkatkan kemampuan si kecil, tapi juga menjalin hubungan dengannya.

2. Melatih Logika

Seorang anak juga perlu dilatih mengenai logika. Caranya dengan membelikan permainan puzzle baik yang biasa maupun 3 dimensi. Hal ini akan mendorong anak berpikiran logis karena terbiasa menempatkan sebuah bagian puzzle pada tempatnya. Selain itu, juga dapat membantu mengenalkan anak dengan ruang dan gambar.

Bermainlah dengan anak dan bantu ketika si kecil mendapatkan kesulitan saat menyatukan semua puzzle. Lakukan sebagai cara melatih si kecil sekaligus bisa bersenang-senang bersamanya.

3. Melatih Imajinasi dan Kreativitas

Beragam permainan yang disediakan toys store tidak sedikit merupakan permainan edukasi sehingga juga membantu anak belajar. Jika Anda memberikan mainan seperti blok, brick, dan sejenisnya, maka sudah membantunya mengembangkan imajinasi dan kreativitas.

Saat bermain block anak akan membentuk sesuatu yang sesuai dengan keinginan mereka. Balok-balok kecil disatukan untuk membentuk sebuah benda. Dengan cara inilah anak belajar berimajinasi dan memiliki kreativitas dalam menciptakan sesuatu.

4. Melatih Motorik Halus

Menstimulasi bagian tubuh anak seperti tangan adalah hal yang dapat membantu tumbuh kembang si kecil. Salah satu cara melatih motorik ini adalah dengan menggunakan mainan edukasi.

Anda bisa memilih permainan seperti pasir kinetik dan slime untuk membantu perkembangan si kecil. Melatih kemampuan motorik yang baik adalah dengan memberikan permainan yang tepat. Sebab akan membantu memperkuat otot anak dan akan sangat bermanfaat kala anak mulai belajar menulis.

5. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka dan Huruf

Memang anak usia 4-6 tahun belum waktunya mendapatkan pendidikan di sekolah formal. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak boleh mengajarkan anak untuk mempelajari mengenai angka dan huruf.

Pengetahuan mengenai angka dan huruf merupakan pengetahuan penting. Namun, tidak boleh memaksa anak untuk segera memahaminya. Anda bisa membelikan berbagai mainan dengan angka dan huruf sehingga ketika bermain anak juga mempelajari sesuatu.

Bermain merupakan hak setiap anak. Jangan rebut hal tersebut dengan menyuruh anak belajar di usia yang siap. Jauh lebih baik jika Anda mengunjungi toys store yang ada di marketplace kesayangan, lalu belikan beberapa permainan edukasi untuk buah hati. Selain bisa membantu perkembangan si kecil, orangtua juga tidak perlu membeli dengan mahal, sebab adanya beragam penawaran menarik dari toko online kesayangan Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *