Obligasi adalah Aset Investasi Potensial, Ini Ragam Kelebihannya

  • Whatsapp
Obligasi-adalah-Aset-Investasi-Potensial-Ini-Ragam-Kelebihannya
Foto dari Canva

Beragam jenis investasi siap untuk Anda pilih demi mempersiapkan finansial yang mapan di masa depan. Salah satunya adalah obligasi yang dinilai bisa memberi keuntungan optimal. Obligasi adalah surat utang jangka menengah atau jangka panjang yang bisa diperjualbelikan sehingga bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda yang memilikinya.

Kelebihan Investasi Obligasi adalah…

Setiap jenis investasi selalu punya sisi plus dan minus. Ada kekurangan juga kelebihan dari setiap tipe aset investasi yang tersedia. Begitu juga dengan instrumen investasi berupa obligasi ini. Berikut adalah beberapa kelebihan yang akan Anda rasakan dari investasi dalam bentuk obligasi:

Read More

1. Terjamin Aman

Investasi obligasi ini dinilai sebagai jenis investasi yang sangat terjamin keamanannya. Ketika memilih aset investasi, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apakah aset tersebut aman atau tidak. Jangan pernah tergiur nilai profit yang besar padahal jenis investasinya tidak aman atau ilegal.

Obligasi dianggap aman karena transaksi keamananya dijamin lewat UU No.24 Tahun 2002. Keamanan ini akan berlaku jika Anda memilih investasi untuk obligasi yang dikeluarkan oleh pihak negara. Jadi Anda tak perlu khawatir dengan modal dana yang sudah dikeluarkan agar bisa berinvestasi dalam bentuk obligasi.

2. Menerima Kupon

Dalam sistem investasi obligasi ini Anda akan menerima kupon. Kupon ini biasanya memiliki nilai yang jauh lebih tinggi dan lebih berharga daripada bunga deposito. Semakin panjang jangka waktu dari obligasi tersebut maka akan semakin besar pula nilai kupon yang akan diperoleh. Artinya, semakin banyak pula uang yang bisa Anda terima dari aset investasi satu ini.

3. Ada Keuntungan Selisih Harga

Telah disebutkan sebelumnya bahwa obligasi adalah surat utang yang bisa diperjualbelikan. Artinya, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan beli obligasi tersebut. Ini bisa menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan untuk Anda. Nilai modal yang Anda setorkan juga bisa kembali lagi bahkan berlipat ganda jumlahnya.

Tentunya sebelum melakukan jual beli obligasi, Anda harus melihat kondisi atau nilai obligasi tersebut. Jual beli obligasi ini memang harus dipelajari terlebih dahulu agar Anda bisa memperoleh keuntungan yang optimal. Pastikan langkah jual beli obligasi diambil berdasarkan pertimbangan atau analisis yang matang.

4. Nilai Bunga Lebih Besar

Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi, sudah pasti Anda harus memikirkan potensi nilai bunga yang akan diterima. Obligasi ini ternyata bisa menghasilkan nilai bunga yang jauh lebih besar apalagi jika dibandingkan dengan deposito. Karena nilai bunganya besar maka Anda juga bisa punya peluang untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi ketika berinvestasi obligasi.

5. Jaminan Pendapatan

Obligasi merupakan jenis investasi yang sangat direkomendasikan untuk dipakai sebagai dana pensiun. Obligasi kabarnya bisa memberikan penghasilan hingga bertahun-tahun lamanya. Jadi memang benar jika obligasi cocok untuk dimasukkan ke portofolio investasi apalagi untuk jenis investasi jangka panjang.

Banyak sekali pensiunan yang mengandalkan sumber penghasilan dari obligasi. Pendapatan obligasi sangat terjamin karena sudah ada kontrak atau perjanjian yang mengatur hak-hak dari pemegang obligasi tersebut. Cocok untuk Anda yang ingin investasi dan mendapatkan kepastian penghasilan dari investasi tersebut.

Investasi obligasi adalah pilihan yang sangat direkomendasikan untuk Anda. Jenis investasi ini akan membantu menyimpan uang Anda secara aman dan memberikan keuntungan optimal. Selain obligasi, Anda juga bisa mencoba jenis investasi lain seperti peer to peer lending di Indonesia yang juga disebut bisa mendatangkan banyak profit.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *