Tips Memilih Susu Anak Usia 1 Tahun

  • Whatsapp
Tips-Memilih-Susu-Anak-Usia-1-Tahun
Foto dari Canva Photos Unlimited

Kebutuhan akan nutrisi selama anak berada dalam masa pertumbuhan harus terpenuhi dengan sebaik mungkin. Hal ini dikarenakan masa pertumbuhan anak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Sebab itu, para orang tua harus cerdas dalam menentukan jenis susu pertumbuhan anak yang tepat. Di pasaran memang ada banyak sekali jenis susu pertumbuhan yang dapat dipilih. Namun para ibu harus cerdas dalam menentukan pilihan.

Masa pertumbuhan anak terjadi ketika memasuki usia 1 tahun keatas. Saat inilah anak akan membutuhkan asupan gizi tambahan supaya dapat mendukung tumbuh kembangnya. Asupan gizi tambahan tersebut bisa didapatkan dari susu. Selain dari ASI, anak juga membutuhkan susu formula supaya bisa memenuhi segala kebutuhan nutrisinya dengan sebaik mungkin.

Tips Memilih Susu Pertumbuhan Anak 1 Tahun

Salah satu minuman andalan yang mempunyai sumber nutrisi secara sempurna adalah ASI. Pada saat anak berusia dibawah 1 tahun, asupan nutrisi dari ASI memang harus terpenuhi dengan optimal. Akan tetapi ketika anak menginjak tahun pertama, maka ASI tidak lagi mencukupi segala kebutuhan gizi anak. Sehingga orang tua dapat memberikan nutrisi tambahan dari susu formula.

Ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan supaya kebutuhan nutrisi benar-benar tercukupi secara sempurna. Berikut ini cara yang bisa Anda terapkan:

1. Sesuaikan Pada Usia Si Kecil

Cara yang pertama yaitu Anda harus menyesuaikan jenis susu pada usia si kecil. Untuk setiap jenis susu akan diformulasikan sesuai kebutuhan anak berdasarkan pada usia masing-masing si kecil. Untuk cara yang bisa dilakukan cukuplah mudah, yaitu cukup dengan membaca bagian label pada kaleng susu. Anda bisa melihat usia yang tertera di dalam kemasan.

2. Rasa Susu

Sebaiknya orangtua tidak mengabaikan mengenai rasa dari susu formula yang hendak dibeli. Hal ini sangat menyangkut hubungannya dengan lidah si kecil. Apabila si kecil suka dengan rasa susu yang dikonsumsinya, tentunya hal ini akan membuat si kecil rajin minum susu.

Berbeda jika si kecil mengkonsumsi susu dengan rasa yang tidak disukai, tentunya akan mogok minum susu. Dengan hal ini, maka kebutuhan nutrisi tidak akan terpenuhi. Sementara saat anak berusia 1 tahun merupakan masa pertumbuhan yang mengharuskan para orang tua memenuhi segala kebutuhan nutrisinya.

3. Kandungan Nutrisi Pada Susu Formula

Pada saat anak sudah memasuki usia 1 tahun memang tidak lagi mengandalkan asupan lemak yang diperoleh dari ASI. Akan tetapi anak juga mulai membutuhkan asupan lemak tambahan yang didapatkannya dari luar, termasuk dari susu formula. Lemak susu memiliki kegunaan dalam peningkatan perkembangan otak si kecil.

Akan tetapi untuk lemak yang dikonsumsinya tidak boleh berlebihan supaya tidak memicu terjadinya obesitas. Para ibunda harus tahu bahwa pada saat anak berusia 1 tahun maka hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi susu maksimal 2 gelas sehari. Selain itu, susu formula yang Anda berikan seharusnya juga mempunyai kandungan berupa mineral dan kaya akan vitamin.

Misalnya seperti vitamin D, vitamin A, kalsium, maupun yang lainnya. Semua gizi tersebut mempunyai kegunaan sebagai pembentukan gigi dan tulang yang sehat, menjaga kesehatan mata, dan meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Semakin kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi dengan baik, maka mampu membantu menguatkan tubuh dan masa pertumbuhan sekecil, terutama dalam isi otak dan meningkatkan kecerdasan nya. Salah satu susu formula terbaik yang paling direkomendasikan yaitu adalah susu Morinaga. Selain mempunyai harga yang terjangkau, untuk kandungan nutrisi yang dimilikinya pun sesuai pada kebutuhan anak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *